Jaga Berat Badan Anda dengan Protein, Ini Caranya

oleh -

Kitakini.news – Protein adalah makronutrien bagi tubuh yang terdiri dari asam amino. Perannya amat penting dalam pembentukan otot, tulang, jantung, paru-paru, kulit dan rambut. Protein juga bertanggung jawab memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak serta kerap menjadi bagian dalam program diet. Mengingat pentingnya protein bagi tubuh, Anda disarankan mengonsumsinya secara rutin untuk jaga berat badan. National Academy of Medicine merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi minimal 0,8 Gram protein per setiap kilogram berat badan per hari

Asupan protein yang dibutuhkan per hari sekitar 10% sampai 35% dari kalori harian. Lantas, siapa saja yang memerlukan protein? Anak-anak hingga dewasa. Defisiensi protein dan malnutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh menjadi lambat, kehilangan massa otot, imunitas menurun, kerja jantung dan fungsi pernafasan melemah hingga kematian.

Protein bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. 4 ons sirloin steak panggang kaya protein. Ada sekitar 33 gram protein di dalamnya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa 4 ons sirloin steak ini mengandung sekitar 5 gram lemak jenuh. 4 ons ham steak mengandung 22 gram protein dan hanya ada 1,6 gram lemak jenuh di dalamnya. Akan tetapi, kadar sodiumnya tinggi, mencapai 1.500 miligram.

Protein yang baik bagi jantung adalah salmon panggang. 4 ons salmon panggang mengandung 3- gram protein, rendah sodium dan hanya ada sekitar 1 gram lemak jenuh di dalamnya. Salmon merupakan sumber Omega-3 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Jika ingin protein tanpa sodium, lentil matang bisa menjadi pilihan. 1 mangkuk lentil yang sudah dimasak mengandung 18 gram protein dan 15 gram serat. Sumber protein lain yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh adalah kacang-kacangan dan ikan.

Jaga Berat Badan dengan Protein, Anda akan Terhindar dari Penyakit Ini

Asupan protein yang sesuai kebutuhan tubuh dapat menghindari Anda dari penyakit jantung, diabetes, kanker, kematian dini, dan sakit tulang. Selain itu, asupan protein juga seringkali dimasukkan dalam program diet karena bisa membantu mengendalikan berat badan.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 gram protein setiap hari per setiap 20 pounds berat badan mereka. Karena protein mudah ditemukan dalam berbagai jenis bahan makanan, diet protein menjadi gampang dipraktikkan.

Alternatif bahan makanan yang biasa digunakan untuk diet adalah ikan, kacang-kacangan, daging merah dan keju dalam jumlah terbatas, menghindari bacon serta aneka daging olahan. Selama pandemi, berat badan Anda mungkin bertambah hingga mendorong untuk diet. Jangan lupa masukkan asupan protein ke dalam menu diet Anda.

Penulis: Suzan

Berikan Komentar