Segeralah Konsumsi dan Rasakan Segudang Manfaat Minum Susu Kefir

oleh -

Kitakini.news – Kefir adalah minuman fermentasi sarat nutrisi dan probiotik. Dibuat dari susu dan bibit kefir yang difermentasi selama minimal 24 jam. Minuman ini digadang-gadang memberi manfaat kesehatan yang lebih baik daripada yogurt. Apa saja khasiat kefir? Setidaknya, ada lima manfaat yang diberikan jika anda minum kefir.

1. Sarat Nutrisi

Kefir biasanya dibuat dari susu kambing atau sapi. Bisa dari susu murni atau susu UHT yang banyak dijual di supermarket seperti merek Greenfield atau Ultra Jaya. Seperti dilansir Healtline.com, minuman ini sarat kalsium, protein dan vitamin B.

Dalam 175 ml kefir rendah lemak terdapat kandungan protein sebanyak 4 gram, kalsium 10% dari RDI, fosfor 15% dari RDI, vitamin B12 sebesar 12% dari RDI, B2 10% dari RDI, magnesium 3% dari RDI dan vitamin D.

Kefir juga mengandung 100 kalori, 7-8 gram karbohidrat serta 3-6 gram lemak, tergantung pada jenis susu yang digunakan. Kemudian terdapat kandungan bioaktif, termasuk asam organic dan peptide yang berkontribusi pada kesehatan.

2. Kaya Probiotik

Kefir juga kaya akan probiotik. Kandungan probiotik pada kefir lebih tinggi daripada yogurt. Kehadiran probiotik pada kefir memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan mental.

Di dalam kefir terdapat sekitar 61 bakteri baik. Inilah yang menjadikannya mampu memberi manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

3. Antibakteri

Kefir juga mengandung antibakteri yang berguna untuk melawan infeksi. Antibakteri datang dari probiotik Lactobacillus Kefiri dan carbohydrate kefiran. Keduanya berguna untuk membantu tubuh melawan serangan bakteri yang membahayakan kesehatan manusia.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Sama seperti susu, kefir dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kemampuan ini dimungkinkan karena kefir sarat kalsium. Kefir juga mengandung vitamin K2 yang memegang peran penting dalam metabolisme dan memelihara kekuatan tulang.

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kanker telah lama menjadi penyakit yang ditakuti banyak orang lantaran dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini terjadi saat ada sel abnormal dalam tubuh yang pertumbuhannya tidak dapat dikontrol. Kefir yang merupakan minuman fermentasi dapat membantu menekan pertumbuhan tumor dan sel kanker dengan cara menstimulasi sistem kekebalan tubuh Anda.

Manfaat minum kefir bisa Mengurangi Sel Kanker Payudara

Healthline.com mengungkapkan bahwa ekstrak kefir dapat mengurangi jumlah sel kanker payudara sebanyak 56%. Lebih banyak dibandingkan ekstrak yogurt yang 14%.

Itulah lima manfaat kefir. Selain itu, kefir juga dapat membantu Anda mengalami gangguan sembelit.

Penulis: Suzan

Berikan Komentar