Harga Daging Ayam di Pekanbaru Tembus Rp33 Ribu/Kg Jelang Ramadan

oleh -

kulturkita.com – Harga daging ayam sehari jelang Ramadan di sejumlah pedagang pasar di Pekanbaru, mulai menaikkan harga daging ayam boiler atau ayam potong. Bahkan hari ini Senin, (12/4/2021), harga ayam potong telah mencapai Rp33 ribu per kilogram.

“Ya, Bang. Hari ini Rp33.000/Kg,” ujar Safar, salah seorang pedagang ayam potong di pasar Loket Pekanbaru.

Menurut Safar, harga daging ayam broiler biasanya hanya berkisar Rp.27.000 per kilogram.

“Biasanya Rp 27.000 hingga  Rp. 28.000, sekarang sudah Rp 33.000,” jelasnya.

“Ini naiknya nggak langsung, sehari naik Rp 1.000, lalu naik lagi, naik lagi. Sekarang sudah Rp 33.000,” imbuh Safar.

Dijelaskan Safar,  kenaikan ini sudah biasa setiap menjelang Ramadhan.

Hal senada disampaikan Sutrisno, pedagang ayam potong dipasar Dupa Tangkerang Pekanbaru. Menurutnya, hal ini biasa jika akan memasuki Ramadan ataupun hari besar lainnya.

“Biasalah, mau puasa harga-harga pada naik. Salah satunya ayam potong. Ini saya jual Rp33 ribu perkilogramnya,” ujar Sutrisno saat ditemui kulturkita.com.

Dikatakan Sutrisno, hari sebelumnya harga ayam potong memang lebih rendah dari harga hari ini meski memang tidak terlalu berbeda.

“Kemarin saya masih jual Rp32 ribu, hari ini naik menjadi Rp33 ribu,” ujarnya.

Harga Daging Ayam di Pekanbaru Tinggi tak Turunkan Minat Konsumen

Masih Menurut Sutrisno, meski harga ayam mengalami kenaikan signifikan. Namun untuk pembeli tetap banyak. Dirinya juga sengaja menambah stok persediaan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

“Karena kan kalau mau puasa ini lebih banyak yang  masak ayam. Biasanya untuk persiapan awal sahur, jadi ingin masak yang spesial lah. Bagi yang tidak mau masak daging sapi ataupun karena harganya terlalu mahal, ya solusinya adalah dengan masak daging ayam,” imbuhnya.

Rini, seorang konsumen saat ditemui di pasar Dupa mengatakan, kalau melonjaknya harga seperti ini sudah biasa di awal Ramadan.

“Biasanya seminggu kedepan harganya sudah normal kembali. Tapi jelang lebaran akan naik lagi,” ujarnya.

Kontributor: Ferry Anthony

Berikan Komentar